• 0355 - 794678
  • kominfo@trenggalekkab.go.id

Baca Berita

Kukuhkan Paskibraka 2024, Mas Syah Pesan Jaga Terus Jiwa Nasionalisme, Patriotisme, dan Kepeloporan

Wakil Bupati Trenggalek Syah M. Natanegara mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Trenggalek di Pendhapa Manggala Praja Nugraha, Rabu (14/8/2024).

Selepas dikukuhkan, para Paskibraka ini nantinya akan bertugas dalam upacara peringatan detik-detik HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Pendhapa pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Sebelum pengukuhan dimulai, sebanyak 76 anggota Paskibraka berikrar dengan membaca Ikrar Putra Indonesia, yang dilanjutkan prosesi pengukuhan. Prosesi pengukuhan juga ditandai dengan aksi mencium bendera merah putih dan pemasangan sabuk kendit dipinggang oleh orang tua Paskibraka.

Dalam sambutanya mewakili Bupati Trenggalek, Wakil Bupati Syah Natanegara mengungkapkan bahwa pengukuhan Paskibraka ini adalah awal dari perjuangan dan tidak boleh berhenti seiring dengan berakhirnya momentum peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Jiwa nasionalisme patriotisme, kepeloporan serta kepemimpinan harus dijadikan sebagai bagian dari implementasi kehidupan sehari-hari," tutur Mas Syah.

 


Sebagai putra-putri Indonesia pilihan, Mas Syah menyebut Paskibraka harus bisa memberikan energi positif bagi generasi muda lainnya serta seluruh masyarakat Kabupaten Trenggalek. Salah satunya dengan menumbuh kembangkan semangat membangun bangsa, serta membanggakan daerah melalui kontribusi positif di masa yang akan datang.

Wakil Bupati Syag juga berpesan untuk menanamkan dalam hati Paskibraka tentang prinsip rela berkorban demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

"Harumkan nama keluarga masyarakat serta berusahalah menjadi teladan yang baik bagi manusia di manapun kalian berada. Jadikan pula toleransi dan tolong-menolong sebagai landasan serta mempererat tali persatuan dan kesatuan," pesanya.

"Sekali lagi saya menyampaikan selamat kepada anak-anakku yang telah dikukuhkan sebagai anggota Paskibraka dan selamat bertugas pada upacara peringatan detik-detik proklamasi dan upacara penurunan bendera pada 17 Agustus 2024" tegasnya. (Kominfo Trenggalek)