• 0355 - 794678
  • kominfo@trenggalekkab.go.id

Baca Berita

Dinas Kominfo Trenggalek Belajar Pengelolaan LPPL Ke Bumi Bung Karno

Berkunjung ke Bumi Bung Karno Kota Blitar, jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek lakukan studi referensi pengelolaan LPPL (Lembaga Penyiaran Publik Lokal), Jumat (26/11/2021).

Sekretaris Dinas Kominfo Trenggalek, Yuli Priyanto mengatakan kunjungannya kali ini ingin mengetahui secara langsung seluk beluk dan kiat pengelolaan dua LPPL kawakan dari Bumi Bung Karno, Radio Mahardika dan Radio Persada. Baik dari sisi regulasi maupun pengelolaan sumberdaya yang ada didalamnya.

Tujuannya tak lain agar LPPL Radio Praja Angkasa Trenggalek semakin inovatif dan digandrungi oleh masyarakat Trenggalek sebagaimana yang ada di Kota Blitar maupun Kabupaten Blitar.



Dari segi prestasi, Trenggalek juga ingin meneladani praktik baik dari radio Mahardika FM yang pada tahun lalu berhasil meraih penghargaan anugerah LPPL Penggerak Indonesia Persada yang menjadi inisiator penggerak Anggota Persatuan Radio TV Lokal Daerah Indonesia.

"Kami ingin mengembangkan supaya LPPL kami juga bisa lebih diminati oleh masyarakat. Sehingga kami juga mengkaji dengan sebaik-baiknya apa yang bisa kita implementasikan di Trenggalek," ungkapnya.

Kunjungan dari Trenggalek kali ini diterima langsung dan mendapatkan sambutan hangat dari Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blitar, Eko Susanto yang mengkomandoi LPPL Persada FM, dan Kepala Bidang IKP Dinas Kominfo Statistik Kota Blitar, Joko Poernomo yang menggawangi LPPL Mahardika FM.



Sementara itu Kadis Kominfo Kabupaten Blitar, Eko Susanto menyambut baik atas lawatan dari jajaran Dinas Kominfo Trenggalek. Eko menjelaskan, pengeloaan LPPL di daerahnya difokuskan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan informasi tentang kegiatan pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Daerah.

Eko menambahkan LPPL Persada FM juga dimanfaatkan sebagai media untuk menjaring aspirasi, opini, serta pengaduan langsung dari masyarakat. Dengan upaya ini diharapkan masyarakat semakin mudah untuk menyampaikan keluh kesah terkait pembangunan dan mendapatkan respon tindak lanjut yang cepat dari Pemerintah atas laporan yang disampaikan.

Senada dengan Eko Susanto, Kepala Bidang IKP Kominfo Kota Blitar, Joko Poernomo mengatakan LPPL Mahardika FM juga mendorong fungsinya dalam penyebarluasan informasi tentang pembangunan Kota Blitar.



Disampaikan olehnya, kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Daerah dikemas kedalam suatu acara di Radio Mahardika dalam bentuk cerita melalui media sosial yang mudah diakses oleh masyarakat. Dengan kerja keras jajarannya ini, Joko menyebut Mahardika pada tahun lalu berhasil menyabet penghargaan atas dedikasi yang dilaksanakan.

Untuk itu, Joko juga berharap Trenggalek bisa mengaplikasikan upaya serupa sehingga Radio Praja Angkasa Trenggalek kedepan bisa semakin maju dan berkembang. (Kominfo Trenggalek)