• 0355 - 794678
  • kominfo@trenggalekkab.go.id

Baca Berita

Desa Wisata Durensari Selesaikan Tahap Penjurian Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023

Desa Wisata Durensari Sawahan Watulimo menyelesaikan tahap penjurian Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 yang digelar Kemenparekraf RI.

Kesadaran ekologi dan ekosistem sungai yang dibangun dari budaya kebersihan masyarakat menjadi daya tarik Desa ini sehingga menjadikannya masuk dalam 75 Desa Wisata Terbaik se-Indonesia dalam ADWI 2023.

Pengelolaan sungai di area Desa Wisata Durensari Sawahan mendapat apresiasi dari Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf RI.
 


 

Dibangun dari kesadaran ekologis & ekosistem sungai. Sungai yang semula kotor bisa disulap menjadi sungai yang indah dengan penerapan budaya kebersihan oleh komunitas dan masyarakat setempat. Menurut Indra, hal inilah yang dicita-citakan oleh dunia melalui SDG's karena menjadi tingkat tertinggi dalam pemberdayaan masyarakat.

Sejalan ketika pelestarian lingkungan bisa terjaga dengan baik, maka masyarakat akan turut merasakan manfaat ekonomi dan meningkatkanya kesejahteraan.
 


 

Kesadaran Ekologi Datangkan manfaat ekonomi masyarakat. Tentang bagaimana masyarakat berbuat sesuatu d alamnya, di lingkungannya sehingga lingkungan terjaga. Hal inilah yang disebut pembangunan wisata berkelanjutan dan community base tourism yang dipedomani Pemerintah dan Masyarakat. (Kominfo Trenggalek)