• 0355 - 794678
  • kominfo@trenggalekkab.go.id

Baca Berita

Gelar Patroli Disiplin Protokol Kesehatan, Bupati Nur Arifin : Tetap Produktif Tapi Jangan Kalah Dengan Corona

Tim gabungan Tiga Pilar Trenggalek menggelar patroli disiplin menyasar beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Trenggalek, patroli ini dilaksanakan dalam rangka penegakan disiplin mematuhi protokol kesehatan khususnya di beberapa lokasi yang sering menjadi pusat kerumunan , Jumat (3/7).

Salah satu lokasi yang disasar patroli ini adalah salah satu area cafe yang ada di di Kelurahan Sumbergedong, di lokasi ini Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin bersama dengan Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring dan Dandim 0806 Letkol Inf. Dodik Novianto memberikan himbauan sekaligus memastikan kepada pengunjung kafe agar selalu mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Bupati Nur Arifin menuturkan saat ini ini sudah memasuki era new normal di mana di Kabupaten Trenggalek belum ada transmisi lokal akan tetapi masih dimungkinkan adanya penyebaran. Untuk itu Forkopimda bersama tim gabungan ingin memastikan jika dulu warung dilarang untuk buka, akan tetapi saat ini sudah diperbolehkan namun harus diiringi dengan berdisiplin mematuhi protokol kesehatan.

"Kita mengecek apakah seluruh pedagang sudah memakai face shield, higienis, pengunjung sudah memakai masker atau tidak, jika ada yang suhunya tinggi kita lakukan rapitest di lokasi juga," tutur Bupati Nur Arifin.

Dari hasil pemantauan yang dilakukan di lokasi tersebut, tim gabungan menemukan bahwa situasi terpantau cukup kondusif. Mengingat pada hari dimana patroli ini dilangsungkan sudah memasuki malam Sabtu atau masuk weekend, dan diprediksi jumlah pengunjung ataupun orang yang berkumpul akan mencapai puncaknya keesokan harinya di malam Minggu.

"Paling tidak sebelum puncak kita sudah memberikan himbauan. Kita memberikan himbauan keras ini bahwa new normal bukan kembali normal, tetapi new normal adalah kita punya kebiasaan baru kesadaran baru untuk menegakkan protokol kesehatan," tegasnya.

Bupati Nur Arifin juga menambahkan bahwa secara umum pada lokasi ini semua sudah punya fasilitas cuci tangan pakai sabun, pengunjung hampir 90% menggunakan masker, dan yang tidak menggunakan masker langsung diberi untuk segera dipakai. Kemudian suhu tubuh pengunjung juga terpantau semuanya di bawah 37,3 derajat celcius, namun jika diketemukan ada pengunjung yang suhu tubuhnya melebihi 37 derajat celcius maka akan dilakukan rapid test di tempat.

"Berhubung belum ada transmisi lokal jadi kami bisa menyimpulkan sementara bahwa cukup aman terkendali kemudian kapasitas tempat duduk atau dari ruangan yang ada belum terpakai 100%," tegas pria yang akrab disapa Gus Ipin.

"Artinya masih memungkinkan adanya physical distancing, sedangkan untuk pengelola ke tadi kami berikan face shield harap agar dipakai sehingga bisa melindungi dan kami himbau untuk menyajikan secara higienis," tambahnya melengkapi.

Lebih lanjut Bupati muda ini juga menegaskan bahwa untuk menegakkan protokol kesehatan di masa new normal, Pemerintah Kabupaten Trenggalek juga tengah menyiapkan peraturan Bupati tentang pelaksanaan disiplin penegakan protokol kesehatan. Di mana semua sektor mulai dari rumah makan, restoran, wisata, dan fasilitas publik lainnya diharapkan dengan adanya peraturan ini sudah mulai bisa berdisiplin menerapkan protokol kesehatan di setiap aktifitasnya.

Tak hanya itu saja, dalam waktu dekat untuk mendukung pelaksanaan hal tersebut Bupati juga tengah menyiapkan insentif atau hadiah yang dikemas dalam bentuk lomba bagi mereka yang paling baik dalam penegakan protokol kesehatan.

"Jadi ini bentuk strategi bagaimana Trenggalek memastikan masyarakatnya bisa produktif tetapi aman dari Covid-19," terangnya.

"Himbauannya kita tidak boleh kalah dengan covid, silakan tetap berproduktif tetapi harus bisa berstrategi. Jangan sampai kita produktif tetapi kemudian kalah dengan corona, jadi tetap produktif tapi jangan kalah dengan corona," sambungnya menegaskan.

Bupati mencontohkan ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk berdisiplin mematuhi protokol kesehatan, seperti dengan selalu memakai masker saat keluar rumah, memastikan jaga jarak atau physical distancing, membawa alat makan sendiri jika makan di luar rumah, ataupun memesan makanan untuk dibawa pulang atau take away.

"Terus jaga imun tubuh tetap berolahraga sehingga bisa tahan terhadap covid 19, jika akan melakukan perjalanan ke luar kota atau ke luar daerah mohon diperhitungkan betul," pungkasnya. (Dinas Kominfo Kab. Trenggalek)