• 0355 - 794678
  • kominfo@trenggalekkab.go.id

Baca Berita

Kabupaten Trenggalek Kembali Pecahkan Rekor MURI dengan Sajian Terbanyak 15.173 Nasi Gegok

Dipenghujung Tahun 2019, Kabupaten Trenggalek kembali menyabet prestasi pemecahan Rekor Dunia dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Kali ini rekor MURI dipecahkan dengan kategori Sajian Nasi Gegok Terbanyak, terdapat sebanyak 15.173 sajian nasi gegok yang khusus disediakan dalam rangka pemecahan Rekor MURI, sekaligus puncak peringatan Hari Ulang Tahun Muslimat NU dan Hari Santri Nasional di Pendhapa Manggala Praja Nugrah, Minggu (20/10). Pemecahan Rekor MURI kali ini terselenggara berkat kerjasama Pemerintah Kabupaten Trenggalek dengan Pengurus Cabang Muslimat NU Kabupaten Trenggalek. Disaksikan oleh ribuan jamaah yang hadir, Sertifikat pemecahan Rekor MURI diserahkan langsung oleh Senior Manager MURI, Ariani Siregar kepada istri Bupati Trenggalek Novita Hardini Nur Arifin, setelah sebelumnya tim dari Museum rekor Indonesia melakukan verifikasi penghitungan jumlah sajian nasi yang masuk rekor.

Dikonfirmasi menanggapi kembali dipecahkannya Rekor MURI kali ini, Bupati Trenggalek H. Moch. Nur Arifin menuturkan ide pemecahan Rekor MURI berasal dari usulan ibu-ibu muslimat NU di Kabupaten Trenggalek. Selain itu bupati juga menegaskan bahwa pemecahan rekor kali ini dimaksudkan guna memperkenalkan kuliner asli khas Trenggalek kepada jamaah muslimat NU yang hadir. "Rekor MURI nya ini karena usulan ibu-ibu muslimat kita memecahkan rekor 15.000 nasi gegok, kita makan bersama-sama dan jadi salah satu Rekor MURI untuk memperkenalkan juga kuliner asli khas Trenggalek pada seluruh jamaah muslimat yang hadir," tutur Bupati H. Moch. Nur Arifin.

Di kesempatan yang sama Senior Manager MURI, Ariani Siregar menyebut pemecahan rekor sajian nasi gegok terbanyak kali ini begitu spektakuler. Ariana mengatakan bahwa sebelum Nasi Gegok dibagikan, MURI telah melakukan penghitungan guna memverifikasi dengan tepat jumlah nasi gegok yang disediakan. "Tadi pagi kami sudah melakukan verifikasi ada 15.173 sajian, dan rekor ini kami abadikan sebagai Rekor Dunia pada urutan rekor 9241," terang Ariani.

Disamping itu Ariani juga mengatakan Kabupaten Trenggalek sudah beberapa kali menorehkan prestasi yang telah tercatat oleh MURI. Ariani menjelaskan prestasi pemecahan Rekor MURI tersebut diantaranya Peserta Terbanyak Parade Kesenian Barongan, Wakil Bupati Termuda 25 Tahun 10 Bulan 17 Hari, Peserta Terbanyak Cabut Gigi Susu, dan Pengibaran Bendera Merah Putih di tempat tertinggi.
"Kami tunggu prestasi lainnya dari Trenggalek," pungkasnya. (Dinas Kominfo Kab. Trenggalek)