• 0355 - 794678
  • kominfo@trenggalekkab.go.id

Baca Berita

Isi Ekstra Kurikuler di SMA Negeri 1 Trenggalek, Dinas Kominfo Trenggalek berikan Pelatihan Jurnalistik

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Trenggalek berikan pelatihan Jurnalistik bagi para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) pada kegiatan Ekstra Kulikuler Diklat Mading dan Jurnalistik yang digelar oleh SMA Negeri 1 Trenggalek berlangsung di Gedung TRRC hari ini. Sabtu (12/10)

Diikuti 50 siswa siswi kelas X dan XI SMAN 1 Trenggalek, para peserta pelatihan mendapatkan materi Jurnalistik yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Dinas Kominfo Mudiono, S.Sos meliputi pengenalan sejarah tentang jurnalistik, teknik penulisan berita serta unsur-unsur penyusunan berita seperti unsur 5w+1h.

Tidak hanya menjelaskan secara teori saja, sebagai pemateri Mudiono juga meminta kepada para peserta mempratekkan secara langsung penulisan berita kepada para peserta pelatihan yang dibagi menjadi beberapa kelompok.

Seluruh peserta terlihat sangat antusias mengikuti jalannya pelatihan. Terlihat keseriusan peserta dalam menyimak penjelasan pemateri dan beberapa peserta bertanya langsung kepada pemateri bagaimana menulis berita yang baik dan benar.

Dari hasil pelatihan tersebut rencananya akan ditampilkan melalui media sosial pada hari Senin (14/10) sebagai bukti penghargaan Dinas Kominfo Trenggalek terhadap karya jurnalistik pelajar. -
"Kita menanamkan pembekalan, menanamkan pengetahuan walaupun tidak semuanya bisa kita sampaikan yaitu teknik-teknik menulis berita dalam koridor jurnalistik yang bernilai". Ucap Mudiono saat dikonfirmasi usai mengisi pelatihan jurnalistik

Lebih lanjut dijelaskan Mudiono bahwa teknis menulis ini merupakan kemampuan keterampilan. Jadi diharapkan beliau dengan adanya pelatihan penulisan berita tersebut para peserta didik bisa memiliki kemampuan untuk menulis dan memahami berita yang benar serta memiliki sumber yang jelas sehingga bisa menyaring berita hoax yang banyak beredar di dunia maya maupun media sosial. (Dinas Kominfo Kab. Trenggalek)