• 0355 - 794678
  • kominfo@trenggalekkab.go.id

Baca Berita

Relawan TIK Trenggalek Ikuti Pertemuan Komunitas Penggiat TIK Provinsi Jawa Timur di Madiun

Relawan TIK dari Kabupaten Trenggalek, Abdul Bakir dan Tri Sumitro mengikuti pertemuan Forum Komunitas Penggiat TIK di Hotel Aston Kota Madiun pada 3-4 Oktober 2019. Kegiatan yang merupakan rangkaian dari Jatim Kominfo Festival 2019 ini bertemakan "Efektifitas Peran Komunitas Penggiat TIK dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Jawa Timur di Era Revolusi Industri 4.0". Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur dengan membacakan amanah dari Gubernur Jatim. Selain dari Kabupaten Trenggalek, kegiatan ini juga diikuti oleh Relawan TIK dan Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se Provinsi Jawa Timur.

Materi penting yang disampaikan oleh pemateri dari Piranhamas Surabaya adalah bagaimana memaksimalkan nedia yang berkembang saat ini menjadi saluran yang efektif untuk memasarkan produk -produk UKM dan menemukan pasar yang lebih luas.

Ada yang unik ditunjukan oleh pemateri yaitu testimoni dari seorang penggiat media sosial untuk menjual produknya sampai ke beberapa negara.
Bahkan pelaku usaha seorang anak yang baru lulus SMK yang ada di kabupaten Magetan. Namun order dan omsetnya fantastis.

Hanya memanfaatkan media sosial yang ada dengan tanpa banyak konten yang berlebihan akan tetapi efektifitas pesan yang disampaikan sangatlah mudah dipahami dan cepat direspon oleh konsumen.

Semoga kegiatan Forum RTIK kedepannya menjadi agen of change bagi umkm di Provinsi Jatim umumnya dan umkm di kabupaten Trenggalek khususnya.

Kekhususan atau keunikan produk sebagai ciri utama yang menjadi daya tarik konsumen. Demikian yang disampaikan oleh pemateri sebagai value added yang bisa dipelajari oleh para Relawan TIK. (Dinas Kominfo Kab. Trenggalek)