• 0355 - 794678
  • kominfo@trenggalekkab.go.id

Baca Berita

Pertura Drama Tradisional Ngerumpi Sehat Trenggalek, Kampanyekan Gizi Seimbang Untuk Cegah Stunting

Jatim Kominfo Festival 2019 memiliki serangkaian kegiatan yang begitu menarik untuk disaksikan. Pertunjukan Rakyat atau Pertura adalah salah satunya, pada gelaran kali ini Kabupaten Trenggalek menampilkan Drama Tradisional Ngerumpi Sehat yang diperagakan oleh 28 siswa-siswi dari SMAN 1 Karangan binaan Ibu Guru Ami Karyawati, S.Sn, Rabu (2/10). Drama Tradisional Ngerumpi Sehat menceritakan bagaimana kehidupan seorang ibu rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang bagi anak-anaknya. Dikisahkan dalam cerita tersebut, ada 2 kelompok ibu rumah tangga yang memiliki latar belakang berbeda, yang pertama ibu-ibu dari keluarga kaya raya, sedangkan yang kedua dari keluarga sederhana.

Diceritakan kelompok ibu rumah tangga yang pertama berasal dari ibu-ibu kalangan ekonomi menengah keatas yang begitu kaya raya. Kesibukan berbelanja menjadikan ibu-ibu ini melalaikan tugas untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anaknya. Saking sibuknya berbelanja, anak mereka dibiarkan membeli jajanna makanan secara sembarangan dan bahkan seringkali hanya diberikan makanan kerupuk saja, alhasil anak merekapun tumbuh dengan kurang sehat sehat bahkan ada beberapa yang mengalami stunting.

Disisi lain, kelompok ibu rumah tangga yang kedua berasal dari keluarga yang sederhana. Walaupun sederhana, keluarga ini begitu memperhatikan kebutuhan gizi anak-anaknya. Meskipun makanan yang disajikan setiap harinya sederhana, akan tetapi nilai kebutuhan gizi yang diberikan oleh keluarga sederhana ini begitu mencukupi. Hasilnya, anak mereka tumbuh sehat tanpa dengan gizi yang seimbang.

Lantas, datanglah seorang bidan yang memberikan pencerahan kepada ibu-ibu kaya raya tadi untuk lebih memperhatikan kebutuhan gizi anak-anaknya. Kelompok ibu kaya raya ini akhirnya mau merubah kebiasaan yang semula mengabaikan kebutuhan gizi anaknya menjadi lebih memperhatikan lagi kebutuhan asupan gizi makanannya. Sehingga anak yang tadinya tumbuh kurang seimbang bisa kembali menjadi anak yang tumbuh sehat sempurna.

Lewat kisah yang dibawakan anak SMAN 1 Karangan Trenggalek ini, Ami Karyawati mengaku ingin memberikan pengetahuan mengenai pentingnya kesehatan bagi anak-anak, khususnya dari segi pemenuhan gizi yang seimbang untuk mencegah munculnya stunting. Terlebih, beberapa waktu lalu Pemkab Trenggalek berhasil meraih penghargaan Predikat I Terbaik Penanganan Stunting Se- Provinsi Jawa Timur. (Dinas Kominfo Kab. Trenggalek)