• 0355 - 794678
  • kominfo@trenggalekkab.go.id

Baca Berita

Perkuat Komitmen OPD, Dinas Kominfo Trenggalek Gelar Rapat Koordinasi SPBE

Wujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel, Pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Menggelar Rapat Koordinasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang berlangsung di Gedung Bhawarasa Lantai I, Senin (30/9)

Rapat kali ini diikuti oleh Kepala OPD serta para Camat se Kabupaten Trenggalek. Rapat dimimpin langsung oleh Plh. Bupati Trenggalek, Ir. Joko Irianto, M.Si.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Edif Hayunan Siswanto, S.Sos, M.Si memaparkan tentang indeks SPBE Kabupaten Trenggalek pada tahun 2018 yang merupakan hasil evaluasi dari Kemenpan RB. Selain itu Kadis Kominfo juga memberikan arahan kepada peserta rapat terkait tindak lanjut dalam penyelenggaraan SPBE Kabupaten.

Saat dikonfirmasi usai rapat, Edif menuturkan bahwa perlu adanya komitmen dari masing-masing OPD untuk mendongkrak predikat Indeks SPBE di Kabupaten Trenggalek. Ditambahkan olehnya bahwa kedepan indeks SPBE Kabupaten yang akan dinilai oleh Kemenpan RB tahun ini ditargetkan bisa lebih meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. "Karena SPBE ini bukan hanya miliknya Kominfo, tapi SPBE ini bisa tercapai dan baik manakala semua OPD di Trenggalek mulai dari Kecamatan sampai Dinas dan Badan itu untuk berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan SPBE di Trenggalek," tutur Kadis Kominfo Trenggalek.

Lebih lanjut Edif juga mengatakan langkah yang diambil Pemerintah Kabupaten untuk meningkatkan nilai indek SPBE kedepan adalah dengan menginvestarisir hal-hal yang yang bisa dilakukan waktu dekat seperti terkait dengan kebijakan-kebijakan terkait. "Jadi hari ini kita sudah memasukan ada 3 peraturan bupati terkait dengan SPBE kemudian tata naskah elektronik dan Whistle Blowing System itu yang kita dukung," tuturnya. "Kemudian hari juga kita telah melakukan kerjasama pihak ketiga untuk menyusun SOP terkait dengan kegiatan-kegiatan SPBE yang ada di Kominfo," pungkasnya. (Dinas Kominfo Kab. Trenggalek)