• 0355 - 794678
  • kominfo@trenggalekkab.go.id

Baca Berita

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek turut berpartisipasi dalam Rapat Koordinasi Evaluasi Kajian Analisis Statistik Sektoral Bagi Dinas Kominfo Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur

Program East Java Smart Province (EJSP) yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur memerlukan dukungan dari Pemerintah Kabupaten dan Kota di Jatim demi terwujudnya program satu data Provinsi Jawa Timur. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek turut berpartisipasi dalam Rapat Koordinasi Evaluasi Kajian Analisis Statistik Sektoral Bagi Dinas Kominfo Kabupaten dan Kota se Jatim di Hotel Sun Madiun yang berlangsung selama dari tanggal 2-3 Oktober 2019.

Rakor tersebut menghadirkan narasumber dari kepala BPS jawa timur, Kepala dinas Kominfo Bojonegoro serta dosen dari unair untuk meningkatkan pemahaman peserta rakor mengenai satu data yang diamanatkan melalui perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Penyusunan dan standarisasi basis data penting dilakukan sebagai bukti peningkatan kinerja pemerintah. Data harus tervalidasi dan kredibel sehingga tidak ada kesalahan pada data statistik sehingga bisa menjadi rujukan untuk merumuskan kebijakan dalam menyusun perencanaan pembangunan yang bersumber dari data masing masing Kabupaten dan Kota yang dikompilasi kedalam satu data. Kepala BPS Jawa Timur menekankan mengenai pola kerja sama yang baik antara BPS dan diskominfo sebagai wali data OPD(Organisasi Perangkat Daerah) untuk mewujudkan satu data yang terintegrasi. Pada rakor tersebut juga disampaikan materi oleh dosen dari unair mengenai tata cara desain infografis data statistik sehingga inforrmasi yang disajikan menarik dan informatif. (Dinas Kominfo Kab. Trenggalek)