• 0355 - 794678
  • kominfo@trenggalekkab.go.id

Baca Berita

12 Komunitas se Karesidenan Kediri Ramaikan Gathering Pecinta Satwa di Hutan Kota Trenggalek

Ratusan pecinta satwa penuhi Hutan Kota (Huko) Trenggalek. Kedatangan pecinta satwa dari berbagai daerah tersebut dalam rangka mengikuti gelaran Gathering Akbar Komunitas Pecinta Satwa se Karesidenan Kediri di Huko Trenggalek, event ini merupakan gelaran ke-3 pada Tahun 2019, Minggu (29/9). Pagi itu gathering akbar pecinta satwa diikuti oleh ratusan orang yang tergabung kedalam 12 komunitas dari berbagai daerah. Berbeda dari hewan peliharaan pada umumnya, satwa yang dibawa komunitas ini pun cukup unik dan beragam. Mulai dari ular, biawak, iguana, musang, dan beberapa satwa unik lainnya khusus didatangkan untuk memeriahkan gathering kali ini.

Selain gathering, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan berbagai kontes. Diantaranya adalah mini contest open retyc normal, open retyc morph, open colubrid lokal, open colubrid impor, dan green iguana, open varanus, open salvator, dan kontes musang makan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Drs.Sunyoto yang membuka kegiatan menyambut baik gelaran gathering pecinta satwa yang berlangsung di Hutan Kota. Sunyoto menyebut selain bisa menjadi sarana promosi wisata Trenggalek untuk daerah lain, event ini juga bisa menjadi wadah bagi pecinta satwa untuk menambah wawasan pengetahuan dalam upaya pelestarian beberapa jenis satwa. "Mudah-mudahan perjumpaan kita hari ini bisa menambahkan wawasan, menambahkan kecintaan dalam kita melestarikan dan menyayangi binatang kita untuk lestari selama-lamanya," ungkap Kepala Disparbud, Sunyoto.

Lebih lanjut, Kepala Disparbud ini juga berharap event serupa bisa digelar di beberapa destinasi wisata lain yang ada di Kabupaten Trenggalek. Dirinya juga mengharapkan sinegitas yang telah terbangun antara Pemkab Trenggalek, BKSDA , Dinas Kehutanan Provinsi Jatim, dan komunitas pecinta satwa tetap terjaga, sehingga kelestarian dan kekayaan alam terutama keanekaragaman satwa bisa tetap terjaga dengan baik.

"Semoga sinergitas semacam ini terus kita kembangkan dalam rangka melestarikan kekayaan alam kita terutama binatang utamanya reptil dan binatang eksotik yang lain," imbuhnya melengkapi.
"Mudah-mudahan kontes kita ini nanti bisa memacu dan memicu semangat kita untuk senantiasa menyayangi binatang-binatang yang kita pelihara,"pungkasnya. (Dinas Kominfo Kab. Trenggalek)