• 0355 - 794678
  • kominfo@trenggalekkab.go.id

Baca Berita

Dinas Kominfo Sosialisasikan Aplikasi "Petung Dadi" Bagi Seluruh Kecamatan di Trenggalek

Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Trenggalek sosialisasikan aplikasi "Petung Dadi". Sosialisasi dilaksanakan di Gedung Bhawarasa Lantai 2 dan dihadiri oleh seluruh perwakilan dari kecamatan se Kabupaten Trenggalek dan beberapa OPD terkait, Selasa (17/9). Aplikasi Petung Dadi yang memiliki kepanjangan "Pelayanan Tunggal Dengan Sepenuh Hati" ini merupakan salah satu inovasi yang dikembangkan Dinas Kominfo, dalam membangun sebuah aplikasi guna mempercepat pelayanan perkantoran dari tingkat desa ke kecamatan. Sebelum disosialisasikan di Gedung Bhawarasa Lantai 2, Aplikasi Petung Dadi besutan Diskominfo Trenggalek ini juga telah di uji coba di 2 Kecamatan, Watulimo dan Panggul.

Kepala Dinas Kominfo, Edif Hayunan Siswanto, S.Sos., M.Si. saat dikonfirmasi menuturkan bahwa Aplikasi Petung Dadi merupakan aplikasi yang ditujukan untuk mempermudah masyarakat dalam menjangkau pelayanan publik yang diberikan oleh Pemerintah Daerah. “Kita ingin memudahkan masyarakat untuk dalam mengakses layanan mulai tingkat desa sampai tingkat kecamatan, ini memperpendek waktu, memperkecil biaya sehingga masyarakat tidak perlu datang ke Desa ataupun ke Kecamatan,’’ terang Kepala Dinas Kominfo Trenggalek. “Aplikasi ini memungkinkan masyarakat bisa mengakses aplikasi ini dirumah, sehingga ketika membutuhkan pelayanan tidak harus menuju ke pusat-pusat pelayanan yang membutuhkan waktu, tenaga, dan juga mungkin biaya tinggi,” jelasnya menambahkan.

Lebih lanjut, Kadis Kominfo juga mengatakan bahwa di Tahun 2020 mendatang, seluruh kecamatan di Kabupaten Trenggalek diharapkan dapat mengakses Aplikasi ini untuk mempermudah jangkauan pelayanan kepada masyarakat. “Harapannya layanan publik di masyarakat yang tergabung dalam PATEN nanti bisa lebih mantap lagi, jadi masyarakat bisa mengakses layanan dengan mudah, murah, dan tentunya dengan kualitas layanan yang baik,” pungkasnya. Selain sosialisasi Aplikasi Petung Dadi, pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan pendataan untuk pendaftaraan sertifikat elektronik untuk seluruh Kecamatan oleh Dinas Kominfo. (Dinas Kominfo Kab. Trenggalek)