• 0355 - 794678
  • kominfo@trenggalekkab.go.id

Baca Berita

Hari Perhubungan Nasional, Trenggalek Kembali Raih Wahana Tata Nugraha di Tahun 2019

Pemerintah Kabupaten Trenggalek peringati Hari Perhubungan Nasional dengan menggelar upacara bendera di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Selasa (17/9). Pada kesempatan ini, bertindak sebagai inspektur upacara, Asisten I Sekda, Sugeng Widodo, S.H. memimpin jalannya upacara hingga selesai.

Sebelum memberikan sambutan, secara simbolis Asda I Sugeng Widodo, S.H. menyerahkan penghargaan Piala dan Sertifikat Wahana Tata Nugraha Tahun 2019 kepada Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek, Sigid Agus Hari Basoeki, S.H., M.Si. Sebelumnya penghargaan ini telah diserahkan oleh Menteri Perhubungan RI atas keberhasilan Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek mengikuti penilaian kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan di Tahun 2019.

Selanjutnya, dalam sambutan Plh. Bupati Trenggalek yang dibacakan oleh Asda I, menekankan bahwa Peringatan Hari Perhubungan Nasional dapat dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan kembali terhadap kinerja pemerintah dan berbagai peristiwa yang terjadi di sektor perhubungan serta menyatukan persepsi dan tekad untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Sebagaimana tema Hari Perhubungan Nasional Tahun 2019 kali ini, yaitu “Merajut Nusantara Membangun Bangsa, Bhakti Nyata Insan Perhubungan untuk Indonesia Unggul dan Indonesia Maju”. "Seperti yang telah kita sadari bersama, sektor perhubungan memiliki peranan yang amat strategis dalam kehidupan ini, keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi,sosial, budaya, dan pertahanan keamanan," tutur Asda I dalam sambutannya.

Lebih lanjut, dikarenakan peranannya yang teramat strategis tersebut, maka segenap SDM di daerah dituntut untuk memperkuat kembali komitmen dan dedikasinya untuk bekerja keras secara nyata di sektor transportasi. Karena hal ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Tantangan pembangunan sektor transportasi semakin komplek, seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi. Dikatakan oleh Asda I bahwa peran Pemerintah adalah menjadi penghubung, fasilitator antara kebutuhan konsumen dan operator. Terbukti Kabupaten Trenggalek telah mendapatkan Anugerah Piala Wahana Tata Nugraha sebanyak 4 kali, mulai dari Tahun 2014, 2015, 2016, dan 2019 saat ini.

"Saya ingatkan kepada seluruh jajaran pehubungan agar terus menerus konsisten, dalam mewujudkan pembangunan di sektor perhubungan, tata kelola administrasi yang clean and good governance," imbuhnya melengkapi.
Ditambahkan oleh Asda I, rencana pembangunan pelabuhan Prigi yang telah ditetapkan dapat dikawal dan difasilitasi hingga terwujud pembangunan fisik serta manfaat yang memenuhi bagi kawasan selatan Jawa Timur. (Dinas Kominfo Kab. Trenggalek)