• 0355 - 794678
  • kominfo@trenggalekkab.go.id

Baca Berita

Pemkab Trenggalek Peringati HUT PGRI ke-72 dan Hari Guru Nasinal
Pemkab Trenggalek gelar upacara peringatan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-72 dan Hari Guru Nasional di Alun-alun yang dipimpin oleh Wakil Bupati Trenggalek, Moch. Nur Arifin dengan mengambil tema “Membangun Pendidikan Karakter melalui Keteladanan Guru”. Upacara peringatan Hari Guru Nasional ini dilaksanakan secara bersamaan dengan peringatan Hari Korpri ke-46, Rabu (29/11).

Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap tanggal 25 November setiap tahunnya, sesuai dengan Keputusan Presiden nomor 78 tahun 1994, yang dikuatkan Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Momentum peringatan HGN merupakan waktu yang tepat mengajak semua pihak untuk bersama-sama mewujudkan suasana belajar seperti ajaran Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara.

"Engkau patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa", begitulah cuplikan bunyi lagu hymne guru yang merefleksikan salah satu aktor penting dalam pendidikan nasional ini begitu memiliki peranan strategis dalam implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Guru sebagai sosok utama dalam satuan pendidikan formal memiliki tanggung jawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga. Saat ini yang harus disadari oleh semua pendidik adalah perlunya pendidikan karakter generasi penerus bangsa. Peserta didik masa kini selain perlu memiliki keterampilan abad ke-21, namun juga harus memiliki bekal jiwa Pancasila yang baik guna menghadapi dinamika perubahan yang sangat cepat dan tidak terduga. (Dinas Kominfo Kab. Trenggalek)