• 0355 - 794678
  • kominfo@trenggalekkab.go.id

Baca Berita

Jadi Tuan Rumah FKKS 2017, Trenggalek Suguhkan Karya Emas Guruh Soekarno Putra
Tahun 2017 menjadi tahun spesial bagi perkembangan pariwisata di Kabupaten Trenggalek, pasalnya ditahun ini Trenggalek berhasil menjadi tuan rumah Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) Jawa Timur 2017, Sabtu (21/10). Tidak tanggung-tanggung, dibawah kepemimpinan Bupati Trenggalek Dr.Emil Elestianto Dardak, M.Sc perhelatan kesenian yang bertemakan "Pesona Jaranan Indonesia" ini begitu spesial dengan menyuguhkan karya emas dari tokoh seni nasional yang juga putra dari seorang proklamator Republik Indonesia, dirinya adalah Guruh Soekarno Putra.
 
Seniman kawakan dan juga anggota DPR RI tersebut sengaja datang ke Kabupaten Trenggalek untuk mempersiapkan karya emasnya yang berjudul tari "Bedoyo Srinowo Kumolo" yang hari ini ditampilkan diatas panggung 360 Pantai Prigi . Tarian bedoyo merupakan tarian yang ada kaitannya dengan laut selatan, selain itu tarian yang diciptakan olehnya tersebut diberi nama Sri Nowo Kumolo dengan makna sembilan batu permata yang merupakan penggambaran dari ajaran Sunan Kalijogo. Guruh sengaja menciptakannya tarian ini khusus untuk mempersembahkan kepada masyarakat Trenggalek dengan tetap mengangkat salah satu kesenian lokal yaitu Turonggo Yakso sebagai komponen yang dipadukan dengan kreasi ciptaan-ciptaannya.
 
Didalam sambutannya saat pembukaan FKKS 2017 berlangsung Guruh mengapresiasi semangat para penari-penari yang kebanyakan masih duduk dibangku sekolah ini untuk dapat mempelajari arahan-arahan tim pelatih dari Kinarya GSP.
 
"Saya merasa senang dan bangga karena ternyata Trenggalek yang tidak disangka ternyata begitu banyak pemuda-pemuda yang berbakat dalam bidang kesenian. Dan ini sangat membanggakan buat saya, dan saya juga percaya bahwa bukan hanya di Trenggalek, tetapi dari sabang sampai merauke kita semua yang cinta Indonesia juga turut melestarikan budaya Indonesia serta mengembangkan kebudayaan Indonesia kita yang tercinta," sambutnya.
 
Tahun 2017 merupakan tahun ke-13 perhelatan FKKS dilaksanakan di Jawa Timur dengan diikuti dari 8 peserta dari masing-masing Kabupaten seperti Banyuwangi, Jember, Lumajang, Malang, Tulungagung,  Pacitan, Blitar, dan Trenggalek sendiri sebagai tuan rumah. Dengan disuguhkannya karya seni dari beberapa wilayah Jawa Timur  di Kabupaten Trenggalek ini, tentunya dapat menjadi pemicu agar semakin banyak masyarakat yang mengenal kesenian yang lahir dan tumbuh di wilayah kawasan selatan Jawa Timur. Terlebih diselenggarakan di panggung 360 Pantai Prigi Trenggalek FKKS 2017 ini bisa menjadikan sarana promosi akan potensi-potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Trenggalek untuk lebih dikenal di kancah nasional bahkan internasional. (Dinas Kominfo Kab. Trenggalek)