• 0355 - 794678
  • kominfo@trenggalekkab.go.id

Baca Berita

Stand KIM Sumber Rejeki Trenggalek ramai dipadati pengunjung Pekan KIM Ke IX di Pandaan
Pekan KIM ke IX yang berlangsung di taman Chandra Wilwatikta Pasuruan diikuti oleh 46 peserta dari kabupaten dan kota di Jawa Timur. KIM Sumber Rejeki yang berasal dari Kabupaten Trenggalek juga turut serta dalam event 2 tahunan ini, sebagai KIM binaan Dinas Kominfo Trenggalek, KIM Sumber Rejeki kali ini bekerjasama dengan komunitas penggiat informasi yang ada di Kabupaten Trenggalek I Love Trenggalek dan Trenggalek Membangun mengikuti Pekan KIM yang dibuka oleh Wakil Gubernur Gus Ipul ini.
 
Dengan semangat revitalisasi peran KIM sebagai media jurnalisme warga, KIM Sumber Rejeki Trenggalek mengisi stand pada pameran dengan berbagai jenis media dan sarana penyebar luasan informasi.  Adapun jenis media yang ditampilkan  ada bermacam-macam, diantaranya adalah website, ledang, Handheld Transceiver, dan kentongan. Tak ayal banyak pengunjung Pekan KIM mengunjungi stan KIM sumber rejeki dengan maksud ingin mengetahui seberapa jauh perkembangan peran KIM yang ada di Trenggalek mampu membawa informasi tentang potensi-potensi pembangunan yang ada di Trenggalek.
 
Para pengunjung yang datang diajak para penjaga stand untuk melihat-lihat souvenir ciri khas dari Kabupaten Trenggalek, selain itu juga terdapat sebuah layar besar yang menampilkan bahwa kini pemasaran produk lokal Trenggalek telah menggunakan metode pemasaran online. Hal tersebut menandakan bahwa pemberdayaan masyarakat akan pentingnya informasi sudah berjalan dan berkontribusi penting pada sektor perekonomian.
 
KIM Sumber Rejeki yang saat ini menggandeng dua komunitas di Trenggalek terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat Trenggalek akan pentingnya informasi, pasalnya saat ini arus informasi global yang saat ini terjadi tidak mengenal batas wilayah negara sehingga masyarakat bisa dengan mudah dan cepat dapat mengakses informasi apapun. Informasi sudah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari terutama bagi masyarakat yang hidup di daerah perkotaan, namun semua lapisan masyarakat belum bisa menikmati semua akses informasi.  
 
Keterbatasan infrastruktur dan masih minimnya penguasaan teknologi informasi menjadi kendala utama khususnya masyarakat di daerah pedesaan. Disinilah peran KIM Sumber Rejeki sebagai agen informasi yang berbasis teknologi informasi berperan aktif memberdayakan potensi masyarakat baik di bidang ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dll. Sehingga masyarakat Trenggalek menjadi cerdas memilih dan memilah informasi yang mereka dibutuhkan.  
 
Masih senada dengan semangat revitalisasi KIM, pemberdayaan KIM di Kabupaten Trenggalek saat ini telah menjadi solusi alternatif guna menyadarkan arti penting berkelompok, bertukar informasi, serta membuka peluang kemitraan antara masyarakat dengan Pemkab Trenggalek. Selain itu, peran KIM sebagai simpul komunikasi antar masyarakat juga berperan sebagai diseminator atau penyebar informasi kepada masyarakat terkait informasi, kebijakan, sehingga masyarakat dapat mendapatkan manfaat dari kebijakan tersebut. (Dinas Kominfo Kab. Trenggalek)