• 0355 - 794678
  • kominfo@trenggalekkab.go.id

Baca Berita

Pendampingan dan Pengumpulan Bukti Dukung EPSS Oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Trenggalek

Selasa, 30 April 2024 Dinas Komunikasi dan Informatika Kembali melakukan Pendampingan dan Pengumpulan Bukti Dukung EPSS oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Trenggalek di Gedung Smart Center.

Tahun ini Dikpora kembali menjadi salah satu OPD yang kegiatan statistik sektoralnya disamplingkan untuk dinilaikan melalui EPSS setelah tahun kemarin juga diikutsertakan.

Karena bagi Dikpora ini bukan kali pertama, maka dalam pendampingan hari ini pengumpulan bukti dukung ini dimulai dari Domain 3 dari 5 Domain yang ada dalam penilaian EPSS. Dimana sebelumnya Domain 1 dan Domain 2 sudah dibahas saat pendampingan dengan Dinkes PPKB.

 


Dalam kegiatan kali ini lebih difokuskan pada identifikasi bukti dukung yang akan di upload di aplikasi SIMBATIK, melengkapi dan juga membahas pengertian serta maksud dari indikator yang seperti apa, kebutuhan statistik itu apa, dan juga punya instrumentnya apa. Karena penjelasan ini sangat diperlukan untuk dituangkan dalam bentuk narasi guna memberi gambaran pelaksanaan kegiatan statistik sektoral kepada Tim Penilai Badan (TPB) saat melakukan penilaian EPSS.

Tim dari BPS Trenggalek saat mendampingi Dikpora juga menyampaikan terkait bukti dukung yang seharusnya di upload, memastikan data yang dibutuhkan apa, misal adanya KAK atau SOP untuk dipilih sesuai dengan kebutuhan per indikator.

 


“Selanjutnya nanti akan kita share link spreadsheet hasil identifikasi kebutuhan data hari ini, jadi kita sama-sama bisa memantau, bukti dukung apa saja yang sudah masuk atau yang masih belum masuk. OPD juga bisa langsung fokus untuk mengumpulkan screenshot atau bukti-bukti dukungnya. Dan nantinya bukti dukung ini akan kita cross check-an lagi dengan hasil identifikasi, lalu Kominfo yang akan upload dokumen pendukungnya melalui aplikasi SIMBATIK”, tutur Kepala Bidang Statistik dan Persandian, Dwi Yuni Hartati, S.Sos.

Dengan harapan yang sama, semoga di tahun ini semoga nilai IPS Kabupaten Trenggalek lebih baik dari tahun kemarin, karena itu butuh dukungan dari Dikpora selaku Produsen Data dan juga pendampingan dari BPS selaku Pembina Data, pungkas Dwi Yuni. (Kominfo Trenggalek)