Pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menghadirkan program Lapor Mlebu Deso untuk mendekatkan layanan pengaduan publik hingga ke Tingkat Desa. Program ini diharapkan menjadi jembatan yang memudahkan masyarakat Desa dalam menyampaikan keluhan, masukan, maupun aspirasi kepada Pemerintah.
Salah satu sosialisasi program tersebut digelar di Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari, Kamis (25/9/2025), dan diikuti puluhan warga. Kepala Diskominfo Trenggalek, Edif Hayunan Siswanto, S.Sos, M.Si., hadir langsung membuka kegiatan dan memberikan pemaparan terkait manfaat Lapor Mlebu Deso.
“Jadi SP4N-LAPOR selama ini kita menyampaikan informasi di level Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tapi hari ini kita optimalkan ke Tingkat Desa dengan program Lapor Mlebu Deso. Artinya Desa-Desa di Kabupaten Trenggalek itu harapannya bisa mengakses terkait kanal pengaduan yang secara nasional melalui SP4N-LAPOR maupun melalui Lapor Trenggalek di nomor 082233343800. Semua laporan akan diteruskan ke instansi terkait untuk ditindaklanjuti,” terangnya.
Edif juga menekankan pentingnya masyarakat memanfaatkan kanal resmi tersebut. Dengan begitu, aspirasi bisa tersampaikan dengan benar dan mendapat solusi yang tepat. “Jadi harapannya Masyarakat yang memiliki keluhan-keluhan atau aspirasi-aspirasi bisa di sampaikan sesuai dengan saluran yang benar tidak liar di media sosial yang dampaknya tidak baik untuk Trenggalek,” tambahnya.
Program ini sekaligus menjadi ruang partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah. Melalui pengaduan dan aspirasi yang disalurkan, Pemerintah bisa melakukan perbaikan pelayanan publik sesuai kebutuhan warga.
Bagi masyarakat Desa, Lapor Mlebu Deso hadir sebagai kemudahan baru. Tidak perlu jauh-jauh ke kantor kabupaten, cukup dari Desa atau bahkan dari rumah, keluhan bisa langsung sampai ke Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat melalui sistem nasional SP4N-LAPOR.
Dengan adanya program ini, diharapkan suara masyarakat Desa semakin terdengar dan pelayanan publik di Kabupaten Trenggalek semakin transparan, responsif, serta berorientasi pada kebutuhan warga. (Kominfo Trenggalek)